LOS ANGELES LAKERS


Los Angeles Lakers adalah tim bola basket Amerika Serikat yang tergabung dalam National Basketball Association. Tim ini berbasis di Los Angeles, California. Dulunya tim ini bernama Detroit Gems hingga dirubah menjadi Minneapolis Lakers pada tahun 1947. Nama Lakers diambil dari kapal pengangkut kargo yang melewati Great Lakes. Di tahun 1950, Lakers memenangkan gelar juara NBA untuk pertama kalinya. Di tahun 1960, Mineapollis Lakers berpindah ke Los Angeles dan berganti nama menjadi LA Lakers. 

Sejak saat itu, Lakers menjadi tim NBA pertama di wilayah Pantai Barat. Musim terbaik Lakers diraih pada tahun 1971/72 ketika tim tersebut memecahkan rekor NBA dengan merebut 33 kemenangan berturut-turut. Musim tersebut diakhiri dengan rekor menang-kalah (69-13) dan Lakers keluar menjadi juara NBA. 

Pada awal masuk NBA, Lakers memiliki markas di LA Sports Arena. Kemudian, pemilik tim yang bernama Jack Kent Cooke, membangun sebuah stadion berkapasitas 17,000 penonton yang dinamakan Great Western Forum (The Forum). Di tahun 1978, tim dan stadion tersebut dibeli oleh Jerry Buss sebesar 67.5 juta dolar AS. Pada tahun 1999, Lakers memiliki markas baru yang dinamakan Staple Center. 

Dalam bimbingan pelatih Phil Jackson, LA Lakers meraih 5 gelar juara NBA dalam periode 2000-2010. Hingga tahun 2011, banyak pelatih dan pemain Lakers yang memperoleh penghargaan di NBA, di antaranya adalah Pat Riley, Kareem Abdul-Jabbar, Magic Johnson, Shaquille O'Neal, dan Kobe Bryant.

0 comments:

Posting Komentar

 
Theme Edited by Bekasi Cyber Community